ARTICLE NEWS

Ayo Runcingkan Ide, Adu Inovasi di Panggung BlackInnovation 2016

Tak kalah dari kota-kota lainnya, animo peserta BlackInnovation 2016 Roadshow yang digelar di kampus ITENAS, Bandung hari Jumat (28/10) juga meriah. Tercatat setidaknya 200 peserta hadir dan aktif berinteraksi, menyiratkan rasa keingintahuan yang besar pada ajang kompetisi inovasi terbesar di Indonesia ini.

Serupa dengan kota lainnya, acara utama talkshow BlackInnovation 2016 Roadshow Bandung hadir bertajuk "Innovation as an ability to convert ideas into value" alias Inovasi sebagai kemampuan untuk mengubah ide menjadi sesuatu yang mempunyai nilai  tambah. Tiga pembicara pun disiapkan menggawangi talkshow ini termasuk Arifin Bong sebagai perwakilan BlackXperience, penyelenggara event, Gisneo Pratala Putra, konsultan teknologi dan internet of things, dan Irvan Hermawan, desainer produk yang juga pemenang BlackInnovation 2011.

Selain memberikan informasi secara langsung mengenai event BlackInnovation 2016, para pembicara tamu juga berbagi pengalaman, pengetahuan juga tips untuk berpikir kreatif dan menjadi inovator, menjadi generasi pencipta.

Berbicara mengenai kreatifitas dan inovasi, tentu tidak lepas dari ide. Nah, mengenai ide, Arifin Bong berbagi tips bagaimana cara menangkap ide dan bagaimana cara mengelolanya. "Ada beberapa permasalahan yang menjadi kendala bagi pribadi kreatif, beberapa di antaranya adalah lupa dan menunda. Karena ide terkadang datang tiba-tiba, ada baiknya kita mencatat saat ide tersebut muncul, maka jika ada suatu kesempatan, kita dapat meramunya dan mewujudkannya menjadi nyata."

Lebih lanjut ia mengatakan, "perwujudan ide pun harus dilakukan dengan segera, jangan berhenti pada angan saja karena kemungkinan orang lain juga sedang memikirkannya dan mungkin sedang mewujdkannya." Apakah kreatifitas bisa dipelajari? Mengenai hal ini Irvan Hermawan menjawab "sesungguhnya kita ini mahkluk kreatif yang dilahirkan ke dunia dengan kreatifitas, kita hanya perlu mengasahnya dengan mencatat ide, mengelolanya dalam pikiran, mencermati sekitar, seperti brainstorming."

Tanggal 12 November 2016 pendaftaran ditutup dan selanjutkan akan dilakukan proses penyaringan hingga 30 semifinalis yang nantiny dituntut  untuk mempresentasikan idenya. Setelah itu penjurian dilakukan untuk menemukan 15 finalis yang juga akan dibimbing oleh mentor untuk mewujudkan idenya menjadi produk nyata. "Pendaftaran akan tutup segera, tuangkan ide kamu, gunakan panggung BlackInnovation 2016 jadi sebagai sarana untuk mewujudkannya." Tutup Gisneo. [Leo/timBX]