ARTICLE NEWS

Berlangsung Seru, Presentasi Semifinalis BlackInnovation 2016 Resmi Usai

Tiba hari penjurian, Sabtu (25/11), 30 semifinalis akan maju satu persatu untuk melakukan presentasi produk kembangannya. Berlokasi di ruang Mahoni, Oak Tree Hotel Semarang, semifinalis akan berhadapan dengan tim juri BlackInnovation 2016 yang terdiri atas 7 sosok istimewa di bidangnya.

Tujuh sosok juri ini termasuk Budi Suwarna dari Kompas Muda, Yuka Herlanda dari Brodo, Surya Darmadi dari Qlue, Svasti Manggalia dari Svas Living, Aulia Faqih dari dirakit, Achmad Fadillah dari Palewai Studio, dan Irsan Suryadi Saputra dari IBM. 30 semifinalis terdiri dari 11 produk IoT dan 19 produk desain.

Masing-masing semifinalis diberikan waktu 7 menit untuk presentasi produknya dan 8 menit untuk sesi tanya jawab dengan juri. Beberapa peserta terlihat sibuk mempersiapkan, beberapa juga terlihat panik. Satu demi satu semifinalis maju menerangkan produknya, mulai dari masalah, solusi, kompetisi, nilai guna, kendala, pemasaran dan pangsa pasar.

Juri pun secara kritis berpendapat mengenai produk-produk terpapar, membuat semifinalis terkadang sedikit kelabakan dalam menjawabnya. Menyinggung masalah inovasi, Achmad Fadillah pun menyampaikan jika "beberapa produk terlihat sudah ada di pasaran, maka semifinalis harus lebih jeli dalam melakukan riset dan memasukkan nilai tambah pada produknya."

"Jangan berkecil hati sebab kalian hanya perlu menambahkan dan mengikis lagi produk agar semakin tajam karena pada dasarnya ide sudah bagus." Ujar Irsan Suryadi. Seusai tahap ini, 30 semifinalis akan disaring hingga 15 finalis berdasarkan penilaian juri yang akan diumumkan secara online di blackinnovation.blackxperience.com tanggal 12 Desember. Tetap semangat, salam inovasi! [Leo/timBX]