ARTICLE NEWS

Bertarung Ide, Semifinalis BlackInnovation 2016 Berlomba Menuju 15 Besar

Jam 9 pagi, 25 November 2016, presentasi semifinalis BlackInnovation 2016 pun dibuka. Dalam acara bertajuk BlackInnovation Challenge, 30 semifinalis diberikan kesempatan untuk menjelaskan hasil karya inovasinya entah itu dari kategori desain produk ataupun iOT.

Terlihat ada beberapa inovasi yang cukup menarik minat para juri, salah satunya adalah Ranginas besutan Ignatius Aryo Nugroho asal Tangerang Selatan. Produk ini merupakan alat pengering pakaian yang menggunakan angin panas buangan AC.

Berbentuk rangka, Aryo membuat desain yang praktis sehingga penggunanya nanti dapat menggantungkan beberapa baju dan bahkan sepatu. Alat ini dirasa amat berguna bagi penghuni rumah kecil ataupun apartemen yang tidak memiliki tempat jemur. Memanfaatkan tenaga secara praktis, pengguna secara praktikal tidak memerlukan energi lain untuk menggunakannya.

"Idenya cukup bagus, tapi masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Kita harus lebih kritis lagi, agar produk kembangan dapat benar-benar tepat sasaran serta memiliki nilai tambah," ujar Irsan Suryadi mewakili tim juri. Produk yang juga sempat membuat penasaran para juri adalah LETUS!, kembangan Algi Ramdhan Pangestu. LETUS! adalah produk mainan bongkar pasang, yang setiap bagiannya dapat disusun dengan mekanisme slide sehingga dapat mengunci lebih kuat.

Produk ini dapat disusun dalam berbagai macam bentuk sesuai untuk kebutuhan, entah itu untuk membentuk barang permainan atau bentuk yang memiliki kegunaan. Alhasil juri pun terlihat kebingungan, Ahmad Fadilah mengungkapkan "sebenarnya kriteria-kriteria itu sudah seragam, cuma memang setiap juri memiliki nilai subyektifnya sesuai dengan latar belakang kami yang berbeda-beda."

"Tapi poin yang paling utama yang harus ada di sini adalah orisinalitas" lanjut Fadil. "Seluruh dewan juri berterimakasih dan mengucapkan selamat dapat menjadi sebagian orang yang peduli dengan permasalahan di sekitar dan mencari solusinya." Aulia Faqih melanjutkan "Anda sudah berpikir, membuat, dan menjabarkan solusi permasalahan, itu sudah merupakan kemenangan, lebih dari orang yang pasrah saja dan berdamai dengan masalah." Salam inovasi! [Leo/timBX]