ARTICLE NEWS

Jangan Biarkan Ide Menguap, Wujudkan di BlackInnovation 2016

Rangkaian Campus Roadshow BlackInnovation 2016 kembali ke Jakarta, hari ini Senin (3/10) di Institut Kesenian Jakarta. Seperti kota-kota sebelumnya, menu utama acara ini adalah talkshow yang bertajuk "Innovation as an Ability to Convert Ideas Into Values" atau inovasi sebagai kemampuan untuk mengubah ide menjadi sesuatu yang berharga.

Tiga pembicara diturunkan untuk memberikan informasi, motivasi, serta pencerahan, tiga orang ini adalah Achmad Fadillah selaku desainer produk muda Indonesia sekaligus salah satu juri BlackInnovation 2016, Irvan Hermawan sebagai desainer produk muda juga pemenang BlackInnovation 2011, dan Arifin Bong perwakilan BlackXperience penyelenggara BlackInnovation 2016.

"Di sekitar kita banyak ide yang bersumber dari permasalahan sehari-hari, cara mencari inovasi itu mudah, cari saja solusinya dan bentuk dalam produk" ungkap Arifin Bong. "Awal inovasi bisa dari banyak posisi, entah itu bersumber dari ide ke market atau dari market berujung ke ide." lanjutnya.

Memberikan pengalamannya, Achmad Fadillah menyampaikan "untuk membuat ide menjadi nyata, selain berpikir out of the box, kita harus brainstorming dengan orang-orang kreatif." "Intinya adalah do it, lakukan, jangan hanya jadi ide yang menguap." lanjutnya.

Irvan Hermawan yang kini bekerja sebagai desainer packaging menyampaikan jika ia terinspirasi dari keadaan lingkungan terutama limbah plastik, sehingga ia beride untuk mengganti plastik tersebut dengan kertas daur ulang. "ide saya temukan saat mengetahui fakta jika 50 persen sampah yang terkumpul adalah sampah plastik, di situ saya mencari solusi dan terumuskan Stapack, wadah barang berbahan kertas yang ramah lingkungan."

Kompetisi belum dimulai dan kini sedang dalam proses menampung ide, nantinya dari seluruh pendaftar, akan disaring oleh juri menjadi 30 semifinalis, lalu menjadi 15 kontestan yang akan mendapatkan mentor langsung dalam mewujudkan produknya jadi prototipe, dan terakhir menjadi 3 orang pemenang yang masing-masing akan didukung penuh oleh tim BlackInnovation.

Manfaatnya banyak dan beragam, jangan sampai ide berhenti di kepala, tuangkan nyata di kompetisi inovasi terbesar di Indonesia, BlackInnovation 2016. Gabung sekarang juga. [leo/timBX]