ARTICLE NEWS

Yukka: Untuk Menang, Ide Harus Bisa Diwujudkan dan Dikomersilkan

Dengan mengusung tema Convert Your Ideas Into Values, Blackxperience.com kembali menggelar ajang bergengsi yang memamerkan berbagai ide dan produk kreatif serta inovatif, BlackInnovation 2016. Pendaftaran kompetisi inovasi dan kreativitas ini sendiri sudah mulai dibuka sejak bulan Agustus dan akan berakhir pada November 2016 mendatang.

Peserta kompetisi BlackInnovation 2016 nantinya akan melewati fase penyeleksian (screening) oleh penjurian internal, presentasi, mentoring, dan penjurian pada bulan November 2016. Penjurian BlackInnovation 2016 dilakukan secara independen oleh 7 juri pengamat dan praktisi inovasi.

Ketujuh juri tersebut adalah, Head of Kompas Muda-Budhi Suwarna, Owner Svas Living-Svasti Manggalia, CEO Brodo Ganesha Indonesia-M. Yukka Harlanda,  Desainer Produk Industri-Achmad Fadillah, CEO QLUE-Rama Raditya, dan CEO dan founder Dirakit.com-Aulia Faqih Rifa'i, dan CMO GDP Venture-Danny Oei Wirianto. CEO Brodo Ganesha Indonesia, Yukka Harlanda, yang didapuk menjadi juri BlackInnovation 2016 mengungkapkan, dirinya mengaku senang bisa ikut berkontribusi dalam kompetisi ini.

Sebagai seorang juri, sambungnya, dirinya memiliki tugas pertama menyeleksi setiap peserta yang telah mendaftar dalam kompeti kreatif ini. Masih menurut cowok murah senyum ini, namun tugas utamanya sebagai seorang juri adalah melakukan mentoring serta coaching ke peserta yang berhasil lolos seleksi. Ditanya soal bagaimana cara agar peserta yang ikutan event ini menang, Yukka menjawab,"Nah, itu dia! Dari ketujuh juri yang terlibat dalam kompetisi ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Untuk itu tidak menutup kemungkinan, setiap juri akan memiliki penilaian masing-masing. Pasti bakal seru!".

Baik Budhi, Svasti, Fadil, Rama, Aulia, Faqih, maupun Danny, lanjutnya, pasti memiliki versi dan penilaian masing-masing. Namun begitu, Yukka menekankan, untuk dapat memenangkan kompetisi ini, ide-ide yang dimiliki setiap peserta nantinya harus bisa diwujudkan dalam bentuk jadi. Setelah ide tersebut menjadi sebuah produk, maka kemungkinan produk tersebut dapat dikomersilkan haruslah besar.

Jika ide tadi sudah memiliki kedua poin tersebut, tidak menutup kemungkinan peserta tersebut dapat menyabet gelar juara di ajang BlackInnovation 2016 ini. "Dalam tahap sebuah ide, kedua poin tadi menjadi elemen terpenting. Tidak ketinggalan, ide dan produk tersebut nantinya haruslah sekreatif mungkin," tambahnya. Yukka menyarankan, bagi Anda yang memiliki ide-ide kreatif, dan belum pernah ada sebelumnya, sebaiknya segera mendaftar untuk mengikuti ajang BlackInnovation 2016 ini.

Salah satu keuntungannya adalah, Anda akan mendapat pengalaman yang begitu berharga untuk terus berinovasi, karena di mentoring dan mendapat coaching dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya. "Tidak hanya itu, hadiah yang ditawarkan juga begitu menggiurkan, dimana peserta yang berhasil menyabet gelar sebagai juara di kompetisi ini, bakal mendapat uang tunai dan paket perjalanan Innovation Journey ke industri kreatif di mancanegara.

Dalam pembukaan BlackInnovation 2016 ini, dipamerkan beberapa produk unik dan kreatif yang tadinya hanyalah berawal dari sebuah ide. Salah satunya adalah, LEBO, yakni sebuah desain botol plastik kemasan yang bisa dirubah bentuknya menjadi barang berguna. Selain itu ada juga Mang-cook, dan Trolling Stone. Penasaran ide dan produk apalagi yang bakal lahir dari Ajang BlackInnovation 2016 ini? Pantau terus berita-berita terbaru BlackInnovation 2016 di Blackxperience.com. [Teg/TimBX]