"VOTE INNOVATOR TERBAIK KAMU DISINI"

VOTE TIME REMAININGS

BIBOX
GUS RIFKY HARTANTYO
RUDIYANTA
M. ZAINUR ROFIT
MULYADI
BUMI
ALFIAN GUNTORO PUTRA
MEIZAR RAKA RIMADANA
TSUNDERE
KARNA SIWANTARA SUARA
ROBI ARIA SAMUDRA
DANDY PRAKOSO
MANUSIA RAWA
IGNATIUS ARIO NOEGROHO
BAGUS AJI SAPUTRA
IWAN PRASETYO
KRE0S
HAIDIR FURQONI ROMADONA
DR. KETUT GEDE BUDHI
SMART KOMPOR
MUHAMMAD YUSUF
WAHYU PUTRA SETYAWAN
GANANG AL-RASYID
LEONARDO BAYU ADI PRASETYA
GLOFTECH
NUSANTARABETA STUDIO
HARABDU
ARIE KUNCORO
HARYONO TRI SAPUTRO
ALGI RAMDHAN PANGESTU
VOTE RESULT
Bibox: Smart Baby Box
Lintang Wisesa Atissalam
Bibox
Keranjang bayi rotan dengan fitur informasi dan notifikasi monitoring via internet (bagi orang tua bekerja di luar rumah) sekaligus via bluetooth (bagi pengasuh/orang tua di rumah).
Internet of things
Bibox_Lintang.png
spooneck
Gus Rifky Hartantyo
Inovasi Penyangga Kepala di Jok Mobil; Sebagai Solusi Tidur yang Ergonomis
Product Design
spooneck1.jpg
Teko Efite
Rudiyanta
Teko yang lebih efisien waktu dan bahan bakar.
Product Design
Anggit Hersusila
teko1.jpg
HFC IoT (Hanging Fruits Catcher With Internet of Things)
M. Zainur Rofit
Indonesia adalah negara yang kuat dalam bidang agraris dengan sebagian besar berupa perkebunan buah-buahan. Buah-buahan seperti Durian, Mangga, Jambu biji, Pepaya dan jeruk akan jatuh dengan sendirinya saat sudah matang. Permasalahan yang ada adalah pada saat buah sudah matang dan jatuh dengan sendrinya dari pohon maka sebagian besar buah akan rusak karena buah akan langsung menuju tanah dan tidak ada pemberitahuan pada pekebun hingga buah membusuk. Akibat dari buah yang rusak akan mengurangi pendapatan dari pekebun. HFC IoT dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara menangkap buah dan mengirimkan informasi jika buah sudah jatuh dari pohon kepada petani dengan berbasis internet sehingga pekebun dapat dengan cepat memanen buah sebelum busuk. Sistem dari HFC IoT adalah dengan menggunakan jaring sebagai penangkap buah. Dimana jaring digantung pada batang pohon. Untuk mengetahui buah sudah jatuh pada jaring menggunakan Sensor Limit Switch. Perangkat IoT menggunakan Arduino dengan modul wifi sehingga dapat mengirim informasi langsung kepada pekebun melalui internet.
Internet of things
HFC2.jpg
bubagy
Mulyadi
bubagy adalah kantong belanja yang bisa berubah fungsi menjadi clemek #GoGreen mengurangi limbah plastik kresek
Product Design
bubagy1.jpg
Lockey
Aulia Hening Darmasti
BUMI
Your Personal Bike Guardian
Internet of things
Fadel Mahadika Putra, Fadel Mahadika Putra
TWES.png
Benggang Raincoat
Alfian Guntoro Putra
Solusi jas hujan yang dapat mengefisiensikan penggunaan jas hujan + jaket + Bag Rain cover dalam satu produk
Product Design
Benggang_raincoat.jpg
RED-COLLECTOR (Renewable Energy Data Collector)
Meizar Raka Rimadana
Sistem pengukuran data potensi energi terbarukan berbasis Internet of Things
Internet of things
Fiha Febiala, Fiha Febiala
poster_copy.png
Smart Composter Online (SCO)
Ahmad Fauzan
Tsundere
Smart Composter Online (SCO) merupakan komposter yang mengolah sampah organik rumah tangga dan beroperasi secara otomatis. SCO bekerja dengan memberikan kondisi ideal pada mikroorganisme aerob agar dapat bekerja dengan optimal. Sehingga proses dekomposisi terjadi secara aerob dan tidak menimbulkan bau. Proses pengomposan dapat dimonitor secara real-time karena dilengkapi dengan berbagai sensor yang menunjang proses pengomposan.
Internet of things
Hidayah Sepadawati
new3.PNG
SI POLANTAS (Smart Innovation Portable Online Lampu Lalu Lintas)
Karna Siwantara Suara
SI POLANTAS (Smart Innovation Portable Online Lampu Lalu Lintas) adalah inovasi lampu lalu lintas yang memiliki mobilitas sehingga dapat dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. Lampu lalu lintas ini juga terkoneksi dengan smartphone dimana smartphone berfungsi sebagai pengontrol dari timing lampu, kamera dan sensor gerak. Melalui smartphone alat ini dapat terhubung ke internet,dengan demikian alat ini tergolong sebagai inovasi IoT (Internet of Things). SIPOLANTAS dapat melakukan tugas pengaturan lalu lintas ketika terjadi kemacetan serta mengurangi resiko human-error yang dapat mengancam keselamatan jiwa.
Internet of things
Black_Invo.jpg
SEKOP BAJU
Robi Aria Samudra
Mengambil pakaian pilihan yang ada di tengah tumpukan sangat membutuhkan kehati-hatian dan ketelatenan. Pakaian yang tidak diambil dengan hati-hati, membuat tumpukan pakaian yang sudah ditata rapi menjadi berantakan. Jika tidak segera dirapikan, pakaian yang sudah susah payah disetrika pun akan segera kusut. Ketika ingin segera pakai baju pilihan, Sia-sia waktu yang dibuang untuk merapikan baju yang sudah terlanjur berantakan. SEKOP BAJU diciptakan untuk memudahkan penggunanya untuk mengambil pakaian di tengah tumpukan dengan waktu yang singkat namun tetap menjaga kerapian tumpukan pakaian. Dengan 3 langkah praktis: Pilih, Dorong, dan Tarik; SEKOP BAJU membuat penggunaya dapat mempertahankan tumpukan pakaian tetap terjaga rapi tanpa repot mengangkat tumpukan pakaian.
Product Design
POSTER_ROBI-01.jpg
KERAN ReFILL
Dandy Prakoso
KERAN ReFILL sebuah inovasi keran penakar untuk produk kemasan isi ulang bubuk seperti susu atau kopi. Inovasi ini memungkinkan untuk menyimpan bubuk isi ulang tanpa topeles dan menakar tanpa sendok. KERAN ReFILL dilengkapi penjepit untuk memastikan bubuk isi ulang tetap dalam kondisi kedap udara
Product Design
Femy Runia, Femy Runia
Keran_Poster(1).jpg
Easy Move
Ganggaya Sotyadarpita
Manusia Rawa
easy move merupakan sebuah alat sederhana yang berfungsi untuk memudahkan mengangkut barang, seperti tas, kotak kardus, galon, tabung gas, dll. Kelebihan easymove adalah bentuknya yang kompak, ringan dan mudah digunakan, sehingga praktis dibawa bepergian
Product Design
Ganggaya Sotyadarpita, Ganggaya Sotyadarpita
Easy_move1.jpg
Ranginas
Ignatius Ario Noegroho
Ranginas (Jemuran Angin Panas) adalah alat yang digunakan untuk mengeringkan pakaian dengan memanfaatkan angin panas dari Outdoor AC (Air Conditioning). Banyaknya orang yang menggunakan AC, pemanfaatan energi yang terbuang, dan kebutuhan akan pengering pakaian disaat darurat, mendorong terciptanya alat ini. Alat ini dapat mengeringkan pakaian dengan lebih cepat, dapat digunakan baik siang maupun malam hari, tanpa terpengaruh kondisi cuaca.
Product Design
RANGINAS_by_Ario_Nugroho_-_BIA_2016.jpg
CUXX!
Bagus Aji Saputra
Tentunya hampir sebagian masyarakat indonesia merupakan pengguna air mineral galon dan dispenser konvensional. sehingga CUXX! dapat menyesaikan masalah proses pergantian galon ke dispenser dengan cara yang lebih praktis.
Product Design
CUXX!.jpg
Care Helmet
Iwan Prasetyo
Jika pada umumnya beberapa helm ditata berjajar di atas rak yang memakan banyak tempat atau ditumpuk dengan tidak rapi yang beresiko mudah jatuh, maka Care Helmet diciptakan untuk membantu meringkas tempat penyimpanan helm yang tidak akan memakan banyak tempat dan mengurangi resiko jatuh atau goresan.
Product Design
-, -
BIA_final.jpg
Boxpiji
Marcella Reina Puspita
KRE0s
Kotak pendeteksi dan pencegah gas bocor yang aman dan ekonomis
Product Design
Marselinus Ardo Pradito / Aleksander Yoris Herdiyanto, Marselinus Ardo Pradito / Aleksander Yoris Herdiyanto
boxpiji.png
Taminas
Haidir Furqoni Romadona
Adalah tutup pelindung dari percikan / cipratan minyak panas saat menggoreng
Product Design
taminas.jpg
FUNGIPLAST
dr. Ketut Gede Budhi
Satu-satunya Inovasi plaster yang dapat digunakan tidak hanya untuk mengobati infeksi jamur pada kulit (panu / kurap) tetapi juga menutupinya / menyamarkan agar meningkatkan kepercayadirian penderitanya. Plaster ini bersifat anti air (plastic coated) dan memiliki beberapa pilihan warna untuk menyesuaikan dengan warna kulit yang di inginkan. Bahan dasar sama dengan plaster pada umumnya, hanya pada bagian kotak bandage terdapat lapisan yang mengandung Miconazone Nitrate 2% sebagai obat anti jamur. Kedepanya plaster ini sangat potensial menggantikan terapi anti jamur konvensional (salep) dan tidak hanya dapat di gunakan di Indonesia namun juga di seluruh Dunia.
Product Design
fungiplast.jpg
Smart Kompor
Rudhy Stiyawan
Smart Kompor
Kompor Gas LPG adalah perangkat utama setiap rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan memasak makanan sehari-hari namun disisi lain Harga Gas LPG semakin merangkak naik dan bahkan sering kali terjadi kelangkaan ketersediaan Gas LPG dipasaran, belum lagi terdapat potensi bencana kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran gas LPG maupun nyala api yang tidak terkontrol. Bagaimana kita mengantisipasi ancaman tersebut ? Smart Kompor adalah sebuah system IOT yang diintegrasikan dengan Kompor Gas LPG sehingga dapat memberikan beberapa manfaat dan solusi diantaranya adalah berikut : 1. Mendorong Efisiensi Pemakaian Gas LPG 2. Monitoring Pemakaian Gas LPG dan Api Kompor 3. Pengamanan terhadap bahaya yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas Kompor Gas LPG.
Internet of things
Andre Lyandra Feryana, Andre Lyandra Feryana
SmartKompor_Design1.png
Personal Mug
Muhammad Yusuf
Personal Mug adalah mug untuk minum kopi atau teh tanpa ampas karena dipisah penempatannya. cara mengaduknya lebih modern dan mudah yg terletak dibagian tutup mug, dengan satu tombol on atau off.
Product Design
personalmug.jpg
Batapot
Wahyu Putra Setyawan
BataPot Puzzle terinspirasi dari minimnya lahan penghijauan yang ada, BataPot Puzzle dapat dijadikan bata dinding yang direkatkan dengan semen atau menjadi pot tanaman. BataPot Puzzle dapat disusun sesuai imajinasi penggunanya selayaknya memainkan lego, karena BataPot Puzzle sudah dilengkapi dengan lubang pengunci yang dapat mengaitkan satu bata dengan bata yang lainnya tanpa menggunakan semen perekat.
Product Design
batapot.jpg
AntPad
Ganang Al-Rasyid
Pad (alas) yang di buat dari material komposeit bahan alami (cengkeh dan kulit kayu manis) yang berfungsi untuk mencegah atau menghalangi serangga semut mendekati makanan atau minuman yang mengandung gula. Dengan memadukan kedua bahan alami tersebut kemudian diolah menjadi material bubuk dan selanjutnya diproses menjadi material komposit berbentuk lembaran dengan ketebalan material 0,5-1 cm, hasil material komposit tersebut dapat dibuat menjadi sebuah produk alas (Pad) untuk meletakkan makanan atau minuman yang mengandung gula. Produk Pad ini, di desain dan dilengkapi dengan komponen join dari magnet sehingga dapat dibentuk dan disusun secara modular. Dengan sistem modular ini, ukuran dan bentuk Pad dapat disesuaikan mengikuti besar dan banyaknya makanan yang akan diletakkan di atas Pad tersebut..
Product Design
antpad.jpg
Botoy
Leonardo Bayu Adi Prasetya
Botol air mineral merupakan salah satu penyumbang sampah plastik terbesar. Inovasi ini bertujuan untuk mengendalikan sampah botol air mineral dengan mengalihfungsikannya menjadi kreasi bentuk lain dengan menyusun botol-botol bekas air mineal menjadi susunan botol dengan bentuk RUMAH, MENARA, TEMBOK, PAGAR, PERAHU, dll. Penambahan ulir (drat) pada pangkal botol dapat mempermudah penyusunan botol menjadi bentuk lain yang diinginkan (RUMAH, TEMPAT SAMPAH, POT, dll). Pengait pada kemasan dengan 3 lubang bertujuan untuk mengaitkan botol secara horisontal. Dengan fitur tambahan ini "botoy" tetap nyaman dalam genggaman tangan karena mempertahankan bentuk silindris (round, bukan kotak atau bentuk lain) botol kemasan air mineral. Selain itu bentuk silindris sengaja dipertahankan agar perusahaan air minum dalam kemasan tidak perlu berinvestasi banyak pada perubahan desain handling produknya karena ukuran BOTOY serupa dengan desain botol yang diproduksi sebelumnya. (keywords: drat pada pangkal botol, pengait, botol tetap berbentuk silindris)
Product Design
botoy.jpg
Lemuria Smart Waste Collection
Ratu Aghnia Fadilah
Gloftech
Lemuria Smart Waste Collection adalah Platform internet of things untuk mengoptimalkan proses logistik pengangkutan sampah. Dengan mengumpulkan data dari kontainer sampah, Lemuria Smart Waste Collection dapat menciptakan efisiensi anggaran pengankutan sampah hingga 30%, mengoptimalkan pengangkutan sampah hingga 100% dan mengumpulkan informasi yang berharga yang dapat berguna untuk pengambilan keputusan (BIG DATA).
Internet of things
R Rogers Dwiputra Setiady, R Rogers Dwiputra Setiady
Slide11.JPG
Smart Green House
Muhammad Saggaf Arsyad
Nusantarabeta Studio
Smart Green House adalah sebuah metode pertanian yang berupa rumah kaca hidroponik pada dasarnya menggabungkan antara pertanian tradisional dengan pertanian rumah kaca. Dengan begitu sistem rumah kaca yang dikembangkan dapat sangat terkontrol, mulai dari pencahayaan, pengaturan kelembaban, sampai pengairan. Sistem yang serba otomatis tersebut juga akan membuat jumlah tenaga kerja bisa dihemat dan jam kerja yang dihabiskan di satu rumah kaca lebih sedikit.
Internet of things
Taufan Arfianto, Taufan Arfianto
smartgreenhouse.jpg
Power Plant
Harabdu
Power Plant Control System (PPCS). adalah sebuah peralatan pemantau kinerja Genset Power Plant. Ada beberapa parameter yang di monitor diantaranya adalah Voltage (volt), Kuat Arus (Ampere), Daya (Watt), Watthour, level bahan bakar, waktu penggantian pelumas, suhu mesin , Suhu ruangan, kelembaban udara. Power Plant Control System (PPCS) terdiri dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (software).
Internet of things
powerplant.jpg
NELPIN
Arie Kuncoro
NeLPIN adalah sebuah rumpon elektronik atau Fish Aggregating Device (FAD) yang menggunakan dua attractor (penarik perhatian ikan) yaitu cahaya dan suara. Penggunaan dua attractor tersebut didasari hasil penelitian tentang tingkah laku ikan yang menunjukkan bahwa spesies ikan tertentu tertarik terhadap cahaya dengan warna tertentu (fototaksis positif) dan spesies ikan tertentu tertarik dengan suara dengan frekwensi tertentu (akustitaksis).
Internet of things
nelpin.jpg
SPIDERHOOK
Haryono Tri Saputro
SpiderHook adalah centelan portable yang bekerja dengan memanfaatkan celah antara kusen pintu dengan daun pintu itu sendiri, sehingga dapat menempel dimana saja tanpa perlu perekat double tape atau dipaku terlebih dahulu. Dimensi nya yang kecil (87x50x10mm) sehingga mudah dibawa kemana saja saat berpergian. Fungsi lain yang didapat adalah SpiderHook dapat digunakan sebagai pengunci pintu, apabila pintu toilet tidak dilengkapi dengan kunci karena pintu tertahan oleh salah satu bagian dari SpiderHook ini.
Product Design
spiderhook.jpg
LETUS
Algi ramdhan pangestu
LETUS, merupakan produk mainan modul kreatif bongkar pasang dengan menggunakan cetakan dasar bentuk modul menyerupai hurup T dengan ditunjang beberapa komponen modul sebagai kuncian ataupun penghubung antar modul (T).
Product Design
letus.jpg